Senin, November 24, 2008

Kiat Sehat Untuk Perempuan Aktif


Boleh saja Anda mengaku sebagai perempuan sehat yang memiliki daya tahan tubuh kuat. Namun sebagai perempuan aktif yang memiliki fungsi ganda baik di kantor maupun di rumah, terkadang Anda sering alpa dan mengabaikan kesehatan tubuh Anda.

Biasanya kendala yang sering ditemui oleh para perempuan bekerja dengan aktivitas yang padat adalah kesulitan mengatur pola makan yang sehat. Padahal dari makanan, Anda akan mendapatkan energi dan kekuatan untuk menangkal beragam penyakit, seperti sakit kepala, sakit maag, tiphus dan penyakit kronis lain.

Nah, agar tubuh tetap sehat tak terabaikan meskipun Anda sangat sibuk, berikutbeberapa kiat mengatur pola makan yang bisa Anda terapkan :

Pukul 06.00 Pagi

1. Biasakan untuk memulai hari dengan mengonsumsi secangkir susu hangat. Kandungan kalsium dan vitamin D pada susu terbukti dapat menangkal beragam penyakit termasuk osteoporosis.

2. Sarapan dengan sereal. Sereal baik karena Anda akan mendapatkan kandungan serat yang banyak dalam porsi kecil.

3. Multivitamin. Multivitamin atau suplemen memiliki manfaat yang cukup tinggi. Mereka yang biasa mengonsumsi mineral suplemen atau multivitamin secara teratur setiap hari memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, dan kanker.

4. Banyak minum air putih, karena kekurangan mineral menyebabkan Anda mudah letih, kurang konsentrasi dan sakit kepala.

5. Jika Anda menderita nyeri lambung, sebelum beraktivitas ada baiknya Anda mengonsumsi obat maag yang bekerja dengan aksi ganda untuk menetralisir kelebihan asam lambung sekaligus mengurangi produksi asam lambung. Sehingga Anda akan bebas beraktivitas seharian tanpa gangguan sakit lambung. Pilih dalam bentuk tablet kunyah selain lebih praktis, tablet kunyah mudah larut dan bekerja langsung di lambung.

Pukul 08.00 Pagi.

Jangan lupa sediakan makanan ringan yang menyehatkan, seperti biskuit. Bawa 1 bungkus biskuit sebagai camilan Anda selama di perjalanan dan letakkan di tempat yang mudah terlihat. Cara ini ampuh bagi Anda yang mengalami gangguan lambung seperti sakit maag. Biasanya jika perut dibiarkan kosong, maka produksi asam lambung akan meningkat dan menimbulkan rasa perih, mual dan nyeri di ulu hati.

Pukul 12.00 Siang.

Jika sedang dikejar deadline, biasanya perempuan bekerja sering lupa atau bahkan mengulur waktu makan siang. Padahal makan siang itu baik untuk memulihkan stamina dan menambah energi untuk aktivitas selanjutnya. Jadi bila waktu makan siang tiba, segeralah mencari menu makanan favorit Anda, jangan menunggu sampai perut Anda ”berteriak”.

Untuk menu makan siang ada baiknya Anda memilih menu yang sarat gizi dan mengandung cukup karbohidrat, serat, protein dan lemak, seperti nasi, kentang, daging, telur dan sayur-sayuran. Hindari makanan yang terlalu asam dan pedas, jika Anda penderita sakit maag.

Dengan perut terisi makanan sarat gizi, tenaga akan kembali pulih dan Anda bisa melanjutkan aktivitas tanpa takut nyeri lambung akan menyerang.

Pukul 05.00 Sore.

Terjebak dalam kemacetan di jalan, sementara perut terasa kosong? Cepat ambil camilan Anda.

Roti gandum bisa menjadi pilihan yang baik untuk mengisi perut. Selain untuk menahan rasa lapar, roti gandum juga dapat memberi energi tambahan untuk melanjutkan perjalanan pulang Anda.

Bagi penderita sakit maag, sebaiknya hindari camilan yang banyak mengandung gas dan terlalu banyak serat, seperti pisang ambon, buah yang dikeringkan, coklat dan minuman bersoda.

Pukul 08.00 Malam

Tiba di rumah, ada baiknya Anda menutup hari panjang selama di kantor atau di lapangan dengan makan malam. Tidak perlu memilih menu makanan yang terlalu berat, karena selain bisa mengganggu program diet Anda juga dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Sumber : Conectique.com

Tidak ada komentar: