Senin, September 29, 2008

Sama-Sama Menang


Apakah Anda merasa frustrasi karena selalu terbentur pada masalah yang sama, baik dengan diri sendiri maupun dengan orang lain? Salah satu cara yang harus Anda lakukan adalah selalu berusaha menyelesaikan masalah dengan cara win-win solution. Bagaimana caranya?

Sering sekali kita menghadapi masalah yang tak juga kunjung terpecahkan hingga jangka waktu yang lama. Bahkan, tak sedikit orang yang menderita selama lebih dari dua puluh tahun karena masalah yang sama.

Sangat disayangkan bila kita tidak tahu bagaimana berkomunikasi dan bagaimana mengatasi masalah yang dihadapi. Sebagai manusia, tentu saja tak mungkin terhindar dari beragam masalah.

Panduan berikut ini dapat membantu Anda mengatasi masalah yang Anda hadapi, sehingga Anda dapat hidup lebih nyaman, belajar dari konflik yang Anda hadapi dan hidup harmonis dengan diri Anda sendiri maupun dengan orang lain.

1. BERPIKIR LOGIS
Hanya dengan berpikir logislah Anda dapat mengatasi masalah yang datang menghadang.

2. KELUARKAN EMOSI
Mulailah mengutarakan seluruh emosi Anda dengan cara cara yang benar. Misalnya, bila Anda marah, Anda dapat menuangkan perasaan marah dengan menuliskannya di atas secarik kertas atau buku harian, memukul bantal, jalan kaki atau mendengarkan musik yang berirama tenang.

3. MULAI BERTANYA
Bila Anda sudah tenang dan mengerti dengan masalah yang Anda hadapi, tuliskan sebagai sebuah pertanyaan yang ditujukan untuk Anda sendiri.Misalnya, "Bagaimana saya bisa punya waktu yang cukup untuk diri saya sendiri?"

4. TULIS JAWABAN
Lalu tuliskan semua kemungkinan jawaban. Biarkan kreativitas dan selera humor membantu Anda. Kadang-kadang ide yang paling aneh dapat merupakan solusi yang terbaik. Kalau mau, Anda bisa meminta teman Anda untuk membantu.
Misalnya bangun pagi, membatasi kegiatan organisasi, merencanakan paling tidak dua kali dalam seminggu Anda dapat makan malam bersama keluarga di rumah, menetapkan jadwal untuk diri Anda sendiri sebelum mengisinya dengan jadwa Anda yang lain, berencana berakhir minggu ke luar kota setiap bulan, atau mengatakan "tidak" kepada orang lain tanpa perasaan bersalah.

5. BERSIKAP JUJUR
Langkah selanjutnya, coret dari daftar yang Anda tulis tadi untuk hal yang tidak dapat Anda terima. Bersikap jujur dan sabar dengan diri sendiri. Mungkin Anda hanya dapat mengubah satu atau dua hal pada saat yang sama, terutama bila Anda sudah berusaha mengatasi masalah tersebut untuk waktu yang cukup lama.

6. CARI SOLUSI
Cari solusi yang lain dan pelajari hal-hal rinci yang spesifik agar Anda dapat menyelesaikannya. Misalnya, tidak mempedulikan komitmen tertentu dan kepada siapa Anda perlu mengatakan "tidak". Lalu rencanakan kapan dan bagaimana Anda akan menyampaikannya kepada orang tersebut.

7. TUTUP MATA
Untuk membantu Anda mengubah pola perilaku, tutup mata Anda sejenak lalu bayangkan diri Anda sendirian sedang melakukan hal yang ingin Anda lakukan.

8. BERPIKIR POSITIF
Menulis pikiran-pikiran yang positif dapat membantu Anda menegaskan pola Anda yang baru. Teruskan menulis, mengatakannya, menyanyikannya, atau membacanya sampai Anda terintegrasi dengan pola dan keyakinan Anda.

Misalnya: "Saya (sebutkan nama Anda) menghabiskan lebih banyak waktu untuk diri saya dan orang lain dapat menerimanya. Saya (sebutkan nama Anda), apakah saya mengatakan "tidak" kepada orang lain dan saya baik-baik saja. Saya (sebutkan nama Anda), menyadari bahwa saya membutuhkan lebih banyak waktu untuk sendiri agar dapat beristirahat dan merasa lebih muda".

9. HADIAH DIRI SENDIRI
Beri penghargaan atau hadiah pada diri sendiri atas niat untuk mau mengatasi masalah yang Anda hadapi. Anda berhak mendapatkannya!

Dalam rangka menyelesaikan konflik yang Anda hadapi dengan orang lain, ikuti panduan yang sama. Pastikan Anda tidak saling memberikan komentar selagi melakukan introspeksi diri sehingga kreativitas Anda berdua tidak terhambat.

Hal penting lainnya adalah untuk tidak memberikan reaksi apapun bila salah satu dari Anda memberikan pendapat atau komentar yang tidak disukai. Jangan lupa bahwa Anda berdua harus sanggup hidup dengan solusi agar berhasil. Berusaha hanya untuk win-win solution, yakinlah Anda pasti berhasil. Bila Anda tidak menemukan kesepakatan bersama atau bila Anda maupun pasangan Anda masih memendam perasaan marah berarti Anda berdua mungkin tidak mengatasi masalah yang sesungguhnya dihadapi.

Kembangkan masalah yang sekarang, lalu mulai memprosesnya kembali. Teknik ini dapat berhasil bila diterapkan pada siapa saja, termasuk anggota keluarga Anda, teman-teman, atasan, rekan sekerja dan tetangga. Begitu kita menyelesaikan masalah dengan diri sendiri dan dengan orang-orang yang ada dalam kehidupan kita, kita dapat hidup lebih bahagia, sehat dan sukses. Bila kita dapat menyelesaikan konflik dengan win-win solution dengan orang lain, betapa damainya hidup kita akan terasa.

Dokumen Nova
FOTO:Dokumen Nova

Tidak ada komentar: