Jumat, Oktober 17, 2008

Kok Makin Gemuk Aja??


Makin lama makin gendutkah anda? Jika ya, mungkin kesalahan terletak di cara makan anda. Mari periksa beberapa cara makan yang membuat tubuh melar:

1. Anda terbiasa makan dalam porsi yang besar.
Nasi menggunung, ayam dua potong, plus telor, sayur, krupuk, es teh manis dan dua tahu isi. Jika anda termasuk tipe yang seperti ini, sudah waktunya berubah. Pasalnya, terlalu banyak makanan yang harus dicerna dalam sekali makan akan membuat tubuh menyimpannya menjadi lemak.

Seperti yang mungkin sudah sering anda dengar belakangan, yang benar ialah memakan 5-6 porsi kecil setiap harinya. Mengkonsumsi porsi kecil makanan dengan sering bisa membuat peningkatan dalam pembakaran kalori hingga 10%. Selain itu, tubuh jadinya tidak terlalu banyak menyimpan lemak.

2. Anda sering membiarkan diri kelaparan.
Jika anda makan malam pukul 6 sore dan esoknya malas makan pagi hingga siang menjelang, maka artinya anda membiarkan tubuh kelaparan hingga 18 jam!

Mengapa kelaparan ini tidak baik bagi tubuh? Coba bayangkan saja anda sebagai seorang tahanan yang hanya diberi makan sehari sekali dan sering kelaparan. Jika tiba-tiba anda diberi makan lagi, anda pasti berusaha menyimpan sebanyak mungkin makanan di bawah tempat tidur anda untuk cadangan kalau-kalau anda kelaparan lagi nantinya.

Tubuh pun demikian. Jika anda sering membiarkan tubuh kelaparan, maka makanan yang masuk akan disimpan sebanyak mungkin oleh tubuh, dalam bentuk lemak, ‘untuk jaga-jaga'.

3. Anda tidak peduli apa yang anda makan, karena yang penting kenyang
Wah, gawat ini. Anda bisa kehilangan jejak tentang berapa banyak kalori yang sudah anda cerna setiap harinya.

Makan jauh lebih banyak dari jumlah kalori yang dianjurkan per harinya tentu akan membuat tubuh anda makin lama makin membengkak. Karena itu mulai sekarang, jangan seenaknya makan.

4. Anda pecinta gula
Ada orang yang paling suka makan segala sesuatu yang manis dan berasa gula. Padahal, gula meningkatkan kadar gula darah yang membuat tubuh memproduksi insulin yang kemudian mengubah metabolisme tubuh dengan buruk. Seiring waktu, orang yang mengkonsumsi terlalu banyak gula akan menyimpan lemak lebih banyak dan mengalami kesulitan untuk membakarnya. Gula juga dipenuhi oleh kalori lho!

5. Anda makan terlalu cepat
Tahukah anda bahwa rasa lapar tidak seluruhnya berasal dari perut? Otak adalah organ yang sebenarnya bertanggung jawab memberitahu tubuh bahwa ia telah menerima kebanyakan makan. Masalahnya, koneksi tubuh dan otak membutuhkan waktu 20 menit.

Sementara orang yang makannya cepat, sudah keburu makan kebanyakan sambil tidak memberi kesempatan otak untuk mengatakan pada tubuh bahwa ia sebenarnya telah kenyang. Untuk mengurangi kebiasaan ini, makannya lebih pelan dan mengunyahlah lebih sering.

6. Anda malas minum
Metabolisme tubuh anda sangat membutuhkan air untuk membakar lemak. Karena itu bukanlah mitos yang mengatakan bahwa kurang minum bisa menyebabkan kegemukan.Intinya, mengurangi berat badan bukanlah makan makanan yang benar, tapi melakukan hal-hal yang benar, termasuk mengubah kebiasaan makan yang buruk seperti yang tertera di atas.

So, selamat hidup sehat!!

Sumber: jawaban.com

Tidak ada komentar: