Senin, Oktober 13, 2008

Sampo Tepat, Rambut Pun Lebat


Susah-susah gampang memang memilih sampo yang tepat. Yuk, kenali dulu jenis rambut dan kulit kepala Anda sebelum menentukan sampo mana yang cocok.

Rambut kering, ciri-ciri:
1. Terlihat kusam (tidak berkilau).
2. Ujung bercabang (gampang pecah-pecah).
3. Warna rambut kemerahan dan tidak rata.

Sampo untuk rambut kering mengandung banyak bahan pelembab. Pilihlah sampo yang mengandung bahan-bahan alami seperti minyak zaitun, minyak almond, madu, chamomile, dan minyak-minyak esensial lainnya.

Pemakaian kondisioner merupakan keharusan bagi rambut kering. Kondisioner kental atau deep conditioner bagus untuk rambut kering dan rusak karena memberi makanan pada rambut. Berilah kondisioner dari atas sampai ujung rambut.

Rambut berminyak, ciri-ciri:
1. Cepat lepek
2. Lengket jika dipegang
3. Kulit kepala gampang mengelupas
4. Bau apek, karena tercampur bakteri.

Sampo extra mild dapat dipakai untuk rambut berminyak karena Anda harus sering mencuci rambut, paling tidak seminggu 3 kali.

Pada saat pemakaian kondisioner, jangan sampai mengenai akar rambut dan kulit kepala. Cukup pakaiakan pada tengah dan ujung rambut saja.

Rambut berketombe, ciri-ciri:
1. Kulit kepala selalu mengelupas
2. Rasa gatal yang berlebihan
3. Gampang lepek karena banyaknya produksi minyak

Sampo yang Anda perlukan adalah yang benar-benar dapat membersihkan serpihan-serpihan kulit kepala. Oleh sebab itu, pilihlah sampo yang mengandung sulfide, sulfur, dan zinc pyridinethione.

Ketombe disebabkan oleh infeksi jamur. Pada saat Anda keramas, kepala jangan terlalu digosok, karena akan menyebabkan luka atau iritasi. Cukup dipijat-pijat sampai kepala terasa segar kembali.

Rambut berwarna
Jika rambut Anda diwarnai, pilihlah sampo khusus untuk rambut diwarnai. Sampo tersebut dapat melindungi warna rambut agar tidak cepat pudar, serta menjaga kelembaban rambut agar tidak kering dan rusak akibat bahan kimia.

Makanya, sampo untuk rambut diwarnai biasanya banyak mengandung bahan-bahan nutrisi untuk makanan rambut. Pilihlah juga kondisioner khusus untuk rambut berwarna.

Aline
sumber: kompas.com

Tidak ada komentar: